Wednesday, March 13, 2019

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Solar Cell 800wp




Sistem masih percobaan, tidak ada breket solar panel, tidak ada kotak panel dan tidak ada pengaman sikring beban lebih (over loaded), tegangan lebih (over voltage), hubung singkat (short circuit) dan petir.

Ada 8 panel @ 100wp jenis polycrystalline total daya 800wp, dirangkai 2 pasang, dimana 1 pasang terdiri atas 4 panel yang dihubung seri yang menghasilkan tegangan floating 70V dan masuk ke mppt, ada 2 buah MPPT 12V 60A (total daya 2 x 12V x 60A atau 1440 watt) yang menghasilkan arus pengisian baterai dari 11V hingga 14.5V, ada 4 buah Baterai kering 12V 100Ah dirangkai 2 pasang (@12V) dihubung seri jadi 24V, dimana 1 pasang (12V) terdiri atas 2 baterai dipasang paralel, ada 4 buah Adjustable Charger 12V 50A (total daya 4 x 12V x 50A atau 2000 watt) berguna untuk pengisian baterai dan mencukupi kebutuhan energi rumah, dirangkai 2 pasang (@12V) dihubung seri jadi 24V, dimana 1 pasang (12V) terdiri atas 2 charger dipasang paralel, 2 buah charger tambahan yang hidup matinya oleh kit cas on-off, dimana charger akan mati jika tegangan baterai sudah naik di atas 13.8V dan akan hidup jika sudah turun di bawah 12.8V, charger ini digunakan untuk membantu menambah kekurangan energi total pada saat pengisian baterai dan memenuhi kebutuhan energi rumah, selanjutnya 2 buah charger utama dimodifikasi dengan menambah masukan arus pengisian baterai dari MPPT yang mana kegunaannya adalah selain mengurangi masukan energi dari PLN ke charger juga meniadakan perbedaan arus dari 2 buah MPPT sedemikian arus pengisian baterai selalu seimbang. Ada Inverter Pure Sine Wave 24V 2000W yang energi keluarannya dipakai oleh rumah selama 24 jam setiap hari dan yang semua energi masukannya selalu diambil dari baterai. Bisa menghemat listrik dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Metoda pemasangan plts ini bukanlah yang terbaik karena masih banyak metoda lain yang lebih optimal.

Cara memodifikasi charger adalah dengan cara memasukan arus dari MPPT ke titik sesudah dioda penyearah arus dari trafo toroid dan sebelum resistor sensor arus pada rangkaian charger.

Mengapa arus charge dari MPPT tidak langsung ke baterai? Hal ini disebabkan oleh karena kedua MPPT itu menghasilkan arus charge yang berbeda artinya pengisian baterai jadi tidak seimbang. Agar bisa seimbang maka digunakan prinsip penjumlahan sumber arus dan kemampuan charger aki yang menghasilkan arus konstan. Jadi arus yang keluar dari dioda hasil dari rangkaian switching di dalam charger itu dijumlah dengan arus charge dari mppt yang mana arus hasil penjumlahan itu akan lewat resistor sensor arus yang dibaca oleh rangkaian charger yang akan memaksa arus tersebut jadi selalu konstan. prosesnya adalah jika arus mppt naik maka arus switching turun dan sebaliknya jika arus mppt turun maka maka arus switching naik. Hasilnya jika arus switching turun maka energi dari pln berkurang dan sebaliknya jika arus switching naik maka energi dari pln naik.

Semoga bermanfaat dan terimakasih telah menyaksikan.

Uang lebih anda sangat bermanfaat, kirim sumbangan ke

BTC: 1BUBCeiryEUCgRGsgFkUW6EYMSbdiSGcZF

Depok, 20 Oktober 2018. 


No comments:

• Internet Business Tools
  Everything you need to begin your online business!
  www.internet-business-tools.com

• Privacy Central
  Discover a whole world of leading computer privacy tools.
  www.privacy-central.com

• Self Help Street
  Discover a world of new & exciting self-development products!
  www.selfhelpstreet.com

• Driving Street
  Your stop for UK driving and speed cameras loopholes!
  www.drivingstreet.com

• Software Street
  Discover a world new world of exciting home software!
  www.software-street.com

• Write Street
  Discover an exciting collection of products for writers & artists!
  www.writestreet.com


Guaranteed Website Traffic - FREE!
Enter your url and email below for free traffic to your website!


when you click on the button below you will be shown the previous submitters website, after you view it for 8 seconds your website will then be added into the database, when the next person adds their website, they will be shown your website - this is guaranteed FREE traffic to your site!

Note: you will instantly be notified via email as soon as your site is visited!

Website Url:
eMail Address:


Add This FREE Traffic Tool To Your Website - Click Here!